PERAN MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

by 18.23 0 komentar

                                                                      gambar




        Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang berada di Yogyakarta salah satu Universitas swasta terbaik di Indonesia. Didirikan di Yogyakarta pada tahun 1981. Banyak sekali jurusan-jurusan yang terdapat di kampus ini salah satunya yaitu jurusan Penddikan Agama Islam.

          Mahasiswa harus memikirkan pembangunan dalam bidang pendidikan di Indonesia merupakan upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Sehingga dapat meningkatkan kulitas kehidupan manusia yang berkualitas serta berakhlak mulia. Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting untuk menjamin perkembangan dan kualitas buat generasi seterusnya.


            Kemampuan dan upaya membentuk watak serta peradapan bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.  

            Baberapa upaya yang harus di perhatikan untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia, Upaya untuk penumbuhan semangat agama dan akhlak dalam pendidikan seperti yang dibawah ini semoga bermanfaat :

  • Memperkenalkan kepada generasi muda akan akidah Islam, dasar-dasarnya, asal-usul ibadat, dan cara-cara melaksanakannya dengan betul, dengan membiasakan mereka berhati-hati mematuhi akidah-akidah agama serta menjalankan dan menghormati syiar-syiar agama

§  Menumbuhkan kesadaran yang betul pada diri pelajar terhadap agama termasuk  prinsip-prinsip dan dasar-dasar akhlak yang mulia.

§  Menanamkan keimanan.


§  Menumbuhkan minat generasi muda untuk menambah pengetahuan dalam adab dan pengetahuan keagamaan dan untuk mengikuti hukum-hukum agama dengan kecintaan dan kerelaan.

§   Menanamkan rasa cinta dan penghargaan kepada al- Qur’an, membacanya dengan baik, memahaminya, dan mengamalkan ajaran-ajarannya.


§  Menumbuhkan rasa bangga terhadap sejarah dan kebudayaan Islam.

§  Menumbuhkan rasa rela, optimism, percaya diri, tanggung jawab, menghargai kewajiban, tolong menolong dalam kebaikan dan takwa, kasih sayang, sabar, berjuang untuk kebaikan, memegang teguh prinsip, berkoran untuk agama dan tanah air.


§  Mendidik naluri, motivasi dan menguatkannya dengan akidah dan nilai-nilai.

§  Menanamkan iman yang kuat kepada Allah.


§   Membersihkan hati mereka dari rasa dengki, hasad, iri hati, benci, kekasaran, egoisme, tipuan, khianat, serta perpecahan dan perselisihan.

Oleh karenanya mahasiswa dalam memahami peranan dirinya dalam peningkatan mutu kualitas pendidikan di Indonesia sepatutnya memiliki kerangka acuan dan penafsiran yang jelas atau lebih sering kita dengar kesadaran ideology. Kesadaran ideologi itu sebagai akibat internalisasi ideologi secara menyeluruh. Artinya, mengupayakan setiap potensi yang ada untuk menjalankan dan mempertahankan ideologinya. Setiap tingkah laku dari individu atau kelompok ini sebagai tafsir terhadap ideologi.

Seharusnya itu kita sebagai mahasiswa. Khsusnya mahasiswa PAI yang di kemudian hari akan menjadi seorang Guru atau pendidik, harus mempunyai pengalaman-pengalaman dan bekal untuk mendidik anak bangsa Indonesia nanti. Kita harus bisa membuat anak-anak bangsa menjadi masyarakat yang maju pintar dalam segala hal bukan hanya unggul dari aspek intelektualnya saja, namun juga harus unggul dari aspek spiritual serta budi pekerti. Walau di zaman modern sekarang banyak sekali rintangan atau tantangan yang harus kita hadapi. Jangan pernah menyerah selagi masih ada usaha pasti ada jalannya, pergunakan kepintaran kalian sebaik-baik mungkin untuk membuat bangsa kita bangsa Indonesia menjadi lebih baik dan maju dalam berbagai hal manfaat kan kepintaran kalian untuk oranglain. Jangan salah menggunakan kepintaran kalian dengan hal-hal yang tidak berguna, karena di jaman sekarang banyak sekali orang-orang yang pintar mempergunakan kepintarannya dengan hal yang tidak baik.


melita

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar