REVIEW JURNAL

by 11.43 0 komentar
ANALOGI DALAM PENGAJARAN FISIKA

Apit Fathurohman
Program Studi Pendidikan Fisiska Jurusan PMIPA FKIP Universitas Sriwijaya


PENDAHULUAN
Fisika merupakan ilmu pengetahuan sains yang mempelajari tentang hukum-hukum alam dan aplikasi dalam kehidupan. Sifat konsep fisika ada yang abstrak, ada yang konkret. Hal ini yang membuat siswa beranggapan fisika sulit dan membosankan, kecuali jika di kaitkan dengan pengalaman sehari-hari. 
Guru fisika dalam pelajaran sering kali mengunakan model analogi pada saat berkomunikasi dengan siswa untuk menyampaikan konsep-konsep fisika yang berada diluar jangkauan persepsi indera, dengan analogi para guru membantu siswa membangun pengertian-pengertian, konsep-konsep baru yang seringkali rumit dan abstrak dari konsep yang telah diketahui dengan baik.

PENGAJARAN DENGAN ANALOGI
Aspek penting dalam mengajar konsep adalah mendefinisikan secara jelas konsep dan memberikan contoh-contoh terpilih dengan hati-hati (Santrock, 2006). pengajaran konsep haruslah dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari agar siswa lebihmudah memahami konsep yang diajarkan. konsep rujukan tersebut diperlukan untuk menjelaskan konsep target, yaitu konsep fisika materi ajar baru. 
Menurut Boo Hong Kwen & Toh Kok Aun (1985), beberapa kelebihan mengajar mengunakan analogi yakni:
  1. Sebagai alat untuk mengajarkan perubahan konseptual
  2. Analogi menyediakan visualisasi dan pemahaman pada konsep yang abstrak yang merujuk pada contoh-contoh dalam kehidupan nyata
  3. Analogi mungkin memicu minat belajar siswa karenanya memiliki efek motivasi 
  4. analogi menuntut guru untuk mempertimbangkan prakonsepsi siswa terhadap materi yang akan di ajarkan serta dapat mengeleminasi atau mengurangi miskonsepsi pada materi yang diajarkan.
ANALOGI DALAM FISIKA
Contoh analogi dalam pokok bahasan listrik dinamis, guru dapat menggunakan analogi bak air untuk menjelaskan konsep tegangan listrik. Rangkaian listrik dianalogikan dengan sebuah sistem aliran air yang berasal dari sebuah penampungan yang disalurkan melalui pipa. Air hanya akan disalurkan ke pipa bila penampung terisi air atau terdapat perbedaan tekanan demikian juga dengan sumber tegangan hanya akan mengalirkan muatan ketika ada beda potensial. Hambatan ( resistor ) dianalogikan dengan pipa yang berdeameter lebih kecil daripada pipa lainnya tentu saja pada sistem air, aliran air akan lebih kecil ketika melalui hambatan, demikian juga pada rangkaian listrik. 
Sebagai contoh, untuk menjelaskan gaya yang bekerja diatas meja, seorang guru menggunakan analogi pegas yang ditekan oleh tangan. Siswa mengerti bahwa pada saat pegas ditekan tangan, pegas itu melakukan gaya pada tangan kita.Disini kemungkinan dapat terjadi miskonsepsi. Untuk menghilangkan miskonsepsi itu perlu ada analogi penghubung  ( bridging analogy ) yang menghubungkan keduanya.

KESIMPULAN
Penggunaan analogi dalam mengajar fisika sejalan dengan teori-teori terkenal pembe;ajaran seperti Ausubel yang menyoroti pentingnya pengetahuan sebelumnya dari siswa dan pentingnya menyediakan hubungan antara sebelum pengetahuan siswa dan pengetahuan baru yang akan diajarkan.
Pengunaan sistem pendekatan yang menjamin kesesuaian antara cara guru dan siswa memvisualisasikan analog dan target harus mengatasi kekhawatiran tentang kesalahpahaman murid melalui kurangnya pemahaman yang baik tentang analogi fitur yang relevan dari analog ke target. 


DAFTAR PUSTAKA
Abak, et al, 2001. Effects of Bridging Analogies on Students' Misconceptions about Gravity and Inertia, Hacettepe Universitesi Egitim Dergisi 20:1-8.
Boo Hong Kwen & Toh Kok Aun. 1985. Use of analogy in teaching the particulate theory of matter. Teaching and Learning, 17 (2), 79-85.
Clement, J. 1993. Using Bridging Analogies and Anchoring Intuintions to Deal with Students' Preconceptions in Physics. Journal of Research in ScienceTeaching, 30(10), 1241-1257.

melita

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar